Monday, March 31, 2014

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Perubahan Kurikulum 2013



Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Ibu kepala sekolah, yang terhormat bapak/ibu guru beserta staff tata usaha dan teman-teman yang saya sayangi.
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dengan sehat dan selamat tanpa adanya halangan apapun.
Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan pidato dengan tema “Perubahan Kurikulum 2013”.
Hadirin sekalian,
Perubahan kurikulum memang perlu dilakukan, supaya prestasi dan kualitas siswa dapat meningkat . Seperti kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan mendorong siswa untuk aktif. kurikulum ini memang unik, beda, dan penuh dengan penanaman sikap, pengetahuan, nilai, dan karakter siswa dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya. Dan kurikulum ini juga, siswa bukan lagi menjadi obyek tapi justru menjadi subyek dengan ikut mengembangkan tema yang ada. Peniliannya pun juga berbeda, salah satu komponen nilai siswa adalah jika si anak banyak bertanya.
Namun pada kurikulum ini ada beberapa masalah, seperti hilangnya beberapa mata pelajaran seperti TIK, Bahasa Jawa, Bahasa Asing yang membuat guru yang bersangkutan menjadi bingung apa yang harus mereka lakukan. Dan untuk soal ujiannya pun yang besifat hafalan dikurangi dan di buat lebih analisis dan berfingkir tingkat tinggi padahal proses pembelajaran di sekolah masih mengedepankan hafalan. Sehingga memerlukan waktu yang lama agar siswa dapat menyesuaikan diri.
          Oleh karena itu kita sebagai siswa harus mampu mempersiapkan diri lebih matang walaupun terjadi perubahan kurikulum yang membuat kita berfikir lebih giat lagi.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment